iNnovationapple

13Mar11

Why?

Apple Inc. is the World’s Number One Innovative Company, three years in a row (according to2007 Businessweek list of the 50 most innovative corporations). BusinessWeek proclaims “their creativity goes beyond products to rewiring themselves.” BusinessWeek ranks the innovative companies based on the responses received from over 1,000 global executives of the largest global corporations; survey questions include innovation metrics on process, product and business model innovations.

Ya marilah sekarang kita gali inovasi-inovasi dari setiap aspek dari Apple ini:

1. Teknologi

Nike memimpikan ide untuk sebuah produk dan menghubungi Apple untuk mengembangkan teknologi di belakangnya. SIMSALAMBIM, dengan inovasi teknologi sebagai keunggulan dari Apple, hadirlah: Apple and Nike, Running Mates: iPod-compatible footwear that tracks runners’ training routines is just the beginning of a collaboration between these iconic brands.

Ini adalah kolaborasi dari Nike dan Apple pada serangkaian produk yang menjembatani kesenjangan antara olahraga, elektronik dan hiburan. Produk ini melibatkan sebuah sensor elektronik yang dimasukkan ke dalam sol sepatu Nike. yang terhubung dengan receiver wireless yang ter-attached pada Apple iPod Nano.

Kedua komponen bekerja sama untuk memberikan konfirmasi suara, yang saat musik dimainkan dapat memberitahu pelari seberapa jauh mereka telah pergi dan juga berapa kecepatannya. Data bisa di-upload ke Mac atau PC, dan dari sana dapat di upload ke situs Web Nike yang disebut Nikeplus.com, di mana pengguna dapat melacak progress, menentukan goals, dan share resultnya.

2. Proses

Apple telah menciptakan sebuah proses baru untuk memahat casing untuk produk dari aluminium, menggunakan sistem yang mampu mengukir potongan-potongan dari satu blok logam dengan menggunakan 3D laser dan jet-air-cutting. Teknik baru ini membuat Apple dapat memperbaiki kualitas produk2nya dengan seamless components which require no bending or folding. Inovasi ini juga menghasilkan produk Macbook dengan tampilan yang semakin luar biasa, dimana kita tidak akan menemukan banyak sekrup yang menggabungkan komponen2 Macbook yang ultra-ringan namun juga super kuat. Proses inovatif ini juga memungkinkan Apple untuk lebih cepat dalam membuat prototipe dan memproduksi desain baru.

Clean, simple interior design.

MacBook is as well designed on the inside as on the outside. Turn it over and you’ll notice a seamless, sturdy, single-piece bottom case with no battery compartment. That’s because the lithium-polymer battery is strategically built right into the enclosure. In addition to providing extra overall durability, this integrated design eliminates the space-consuming parts required by a removable battery. This allows more room for a larger-capacity battery and provides outstanding battery life of up to 7 hours on a single charge2 — all in an enclosure that is thin and light. When you remove the bottom case, you’ll discover a clean, simple interior layout that makes it easy to add more memory or a larger hard drive.

The story behind Apple‘s environmental footprint.

Bahkan ya, Apple ini bener-bener concern banget lho sama setiap proses yang mereka lakuin dalam pembuat produk2 mereka. Mereka itu concern dengan lingkungan dan terbukti deh dengan gambar diatas. Itulah sebabnya Apple memproses produknya dengan penghematan pemakaian material, shipping dengan efisien, produk yang bebas dari zat beracun dan menggunakan energi dengan efisien dan dapat didaur ulang. Prinsip mereka adalah: reduce the impact to the improvement by improving our product.

Tidak hanya inovasi pada proses pembuatan produk mereka, proses pembuatan packagingnya juga sangat diperhatikan. Duh, bener-bener deh ya si om Jobs ini: bener-bener perfeksionis! Ga salah deh makanya produk-produknya jadi berkelas dan super sophisticated 😀 Hmm oh iya, jadi Apple sengaja membuat desain packaging yang lebih imut (kecil) dibanding produk2 sebelumnya dengan tujuan penghematan bahan dan pengurangan efek limbah serta pengurangan gas emisi pada proses shipping. Dengan mengurangi MacBook kemasan 53 persen antara tahun 2006 dan 2010, Apple dapat mengirimkan kotak 80 persen lebih banyak pada setiap kontainer pengiriman penerbangan. Itu menghemat satu penerbangan untuk setiap pengiriman 23.760 unit produk yang Apple kirim.

3. Produk dan Servis

State-of-the-art fun.

Here come the iPod family, yaa inilah inovasi dari produk iPodnya Apple Inc. Meskipun produk ini diluncurkan pada tahun 2001, bukan berarti ini adalah MP3 player pertama yang pernah ada. Tapi iPod adalah MP3 player yang memiliki dampak paling besar pada dunia musik dan pecintanya. Model pertama hanya bisa menyimpan sekitar 1.000 lagu, tetapi fitur playlist dan shuffle dianggap pemakainya sebuah inovasi yang revolusioner. Apple iPod boleh dibilang awal dari revolusi musik digital. Selanjutnya, iPod mampu menampilkan foto dan video, sedangkan iPod touch menawarkan pengalaman multimedia lengkap, bahkan memungkinkan pengguna untuk mendownload aplikasi dan game dan menggunakannya secara user friendly langsung dengan jemari user.

Service at Apple Store

Jobs telah membuat Apple Stores bergaya beda dalam pelayanan pelanggan. Apple Store telah menjadi toko retail terbaik dunia dengan memperkenalkan inovasi sederhana yang dapat ditiru oleh bisnis apapun, yaitu menciptakan hubungan emosional yang lebih dalam dengan para pelanggan. Sebagai contoh, tidak ada kasir di sebuah toko Apple. Yang dapat kita lihat disana adalah para ahli, konsultan, bahkan jenius, lalu kenapa tidak ada kasir? Alasan Jobs adalah: Apple tidak dalam bisnis yang hanya menjual kotak demi kotak produk mereka, namun dalam bisnis yang memperkaya kehidupan. Menurut Jobs, jaman sekarang orang-orang tidak mau hanya membeli komputer semata, tapi mereka ingin tahu apa yang dapat mereka lakukan dengan komputer itu (dibandingkan dengan komputer milik kompetitor.. ) Maka dari itu… Jobs menyediakan para jenius instead of cashier yang bisa share info sama pengunjung Apple Store dan calon pembeli. Nice one!

4.Business Model

Peluncuran iPod pada tahun 2001 lebih dari sebuah produk baru yang hebat. Bahkan, sebagai perangkat, tidak banyak perbaikan atas Rio, pemutar MP3 yang diperkenalkan Diamond Media tiga tahun sebelumnya. Terobosan iPod didasarkan pada model bisnis yang superior, yang membutuhkan pengguna untuk mencari musik pada berbagai situs peer-to-peer file-sharing Web yang menawarkan ratusan versi rendah kualitas lagu yang sama, Apple iPod dihubungkan ke iTunes Store, yang memberikan kenyamanan user friendly, dan kemudahan akses ke versi resmi lagu-lagu yang disediakan oleh perusahaan rekaman.

Melihat lebih dekat pada bisnis model iPod/iTunes, untuk saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa inovasi pada business model menawarkan keuntungan yang sangat amat besar. Bahkan, kapitalisasi pasar Apple telah melonjak dari $2,6 miliar pada akhir tahun 2002 sampai $300 miliar saat ini.
Play, buy, and sync your music, movies, and more.

Kesimpulan

Apple Inc. adalah contoh sebuah perusahaan yang menerapkan inovasinya di berbagai aspek: teknologi, proses, produk, dan business model BAHKAN SERVIS!

Kehebatan Apple dalam mengubah konsep portable entertainment secara drastis dan menciptakan celah pasar baru yang tumbuh pesat hanya dalam waktu tiga tahun (iPod dan iTunes menghasilkan 10 miliar dolar AS, hampir 50% dari seluruh pendapatan Apple ) merupakan pencapaian inovasi luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Di balik keberhasilan itu ada fakta menarik yang luput dari perhatian banyak orang. Bukan Apple yang pertama kali memperkenalkan digital music player ke pasar. Apple tidak hanya sematamata menawarkan teknologi dan desain produk yang stylish dan elegan saja, tetapi mereka mengemasnya bersama komponen-komponen kunci lain dalam sebuah model bisnis yang tepat. Semua perusahaan pada dasarnya memiliki model bisnis, tetapi belum tentu sesuai seperti yang dilakukan Apple dengan iPod-nya.

Value yang didapat oleh para consumer benar-benar membuat mereka loyal untuk kembali pada Mac.

Once you go Mac, you’ll never go back. (It’s extremely right!)

Maka dari itu, bagi saya Apple Inc. asuhan Steve Jobs ini super pantes dapet rentetan gelar sebagai the most innovative company! Yeaaah. GOOD JOB, STEVE JOBS!

That’s why we design them to use less material, ship with smaller packaging, be free of many toxic substances, and be as energy efficient and recyclable as possible. Itulah sebabnya kami desain mereka untuk menggunakan bahan kurang, kapal dengan kemasan lebih kecil, bebas dari zat beracun, dan sebagai energi efisien dan dapat didaur ulang mungkin. With every new product, we continue our progress toward minimizing our environmental impact. Dengan setiap produk baru, kami terus menuju kemajuan kita meminimalkan dampak lingkungan kami.That’s why we design them to use less material, ship with smaller packaging, be free of many toxic substances, and be as energy efficient and recyclable as possible. Itulah sebabnya kami desain mereka untuk menggunakan bahan kurang, kapal dengan kemasan lebih kecil, bebas dari zat beracun, dan sebagai energi efisien dan dapat didaur ulang mungkin. With every new product, we continue our progress toward minimizing our environmental impact. Dengan setiap produk baru, kami terus menuju kemajuan kita meminimalkan dampak lingkungan kami.
Advertisements


3 Responses to “iNnovationapple”

  1. 1 fariz

    walo ga ngerti2 amat artinya (maklum english sayah ancur), jago juga yah apple 3 tahun berturut2 masuk 50 besar kompeni terinovatif. nais inpoh deh kk. *sambil berdoa tiba2 dapet keberuntungan bikin perusahaan semacam apple 😀

    • Yeh, orang bawah-bawahnya pake bahasa indonesia haha. Emg gokil bgt om stipjop! Ruaar biasahh 😀
      Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  2. 3 sweetcinnamon

    nice post livia, penggunaan kata2 dan tanda baca sangat sugestif sekali, sehingga kayanya ga akan ada yang bakal membantah setiap kalimat yang ditulis haha
    kebetulan beberapa bulan kebelakang lagi sering bahas Apple, ada satu masalah yang kiranya akan muncul segera yaitu ketika Steve Jobs tidak lagi ada di Apple (berhubung sekarang SJ (bukan Super Junior) katanya udah sakit2an, bisa aja dia pensiun.

    Kenapa jadi masalah? karena tidak seperti Microsoft dimana mereka punya puluhan bahkan ratusan jenius software developer (focus on hiring high quality software developer), innovasi di Apple tampaknya hanya keluar dari otak SJ, jadi ketika Bill Gates keluar Microsoft, tidak akan ada masalah, sementara ketika SJ keluar dari Apple, innovasi bisa berubah arahnya.

    Tapi tak bisa dipungkiri memang Apple sudah banyak merubah lifestyle anak muda jaman sekarang, menciptakan personal branding yang kuat, dan mempermudah pekerjaan di beberapa sektor bisnis khususnya seni. Nice post, LANJUT G(C)an.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: