Senjata!

08Feb11

Senjata.

Apa yang muncul di benak kalian? Pistol, pisau lipat, senapan, samurai, pentungan.

Ya, memang seringkali senjata diartikan negatif, yaitu sebagai alat-alat untuk berperang atau berbuat kejahatan, juga menyakiti orang. Pistol untuk membunuh, pisau lipat untuk menyakiti, dan lain-lain. Mari kita lihat makna positif yang bisa kita ambil dari kata senjata ini 😀

1. Senjata I: Kopi

Ini memang biji kopi. Apakah biji kopi ini akan kita gunakan sebagai pengganti peluru pada pistol? Haha tentu saja bukan. Lalu…..?

Ya, inilah senjata-ku! Senjata untuk membunuh rasa kantuk!

Kopi mengandung kafein yang berfungsi merangsang sistem syaraf pusat sehingga mampu menghadirkan sensasi segar, penuh tenaga, dan menghilangkan kantuk untuk sementara. Saya ini orangnya gampang banget ngantuk, makanya –> secangkir kopi selalu setia nangkring di meja belajar sebagai bekal perang persiapan-ujian di esok hari.  Trust me, secangkir kopi adalah senjata ampuh untuk tetap terjaga sampai pagi!

2. Senjata II: AntiVirus

Tau kan apa ini? Senggaknya kalian pasti pengguna dari salah satu produk perusahaan dengan logo tersebut. Ya, benar sekali: Antivirus. Seiring majunya teknologi, semakin canggih juga penggunanya. Semakin tinggi kualitas sebuah software/OS, semakin banyak juga orang-orang yang membuat virus-virus. Nah ini dia nih senjata yang kita bisa siapin buat laptop kesayangan kita untuk bertempur dan bertahan dari niatan buruk virus-virus yang terkutuk seperti Trojan dan teman segeng-nya.

Cara kerja antivirus sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan kebijakan yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang “aneh maupun tidak wajar”, seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan e-mail secara massal, maka antivirus tersebut akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. GAGAL SUDAH RENCANA JAHAT SI VIRUS!

3. Senjata III: Bagian Tubuh Manusia

Hal lain yang kerap terjadi adalah, senjata identik dengan sebuah benda atau alat.

Inilah 3 hal yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Tanpa disadari, ketika terlintas kata senjata, kita melupakan kemampuan bagian tubuh kita yang dapat digunakan sebagai alat pertahanan diri dan menyerang. Ketika berhadapan dengan penjahat, kita cenderung reflek mencari barang di sekitar kita sebagai senjata untuk menyerang (seperti kursi, botol, pemukul, dan lain-lain). Padahal, tangan dan kaki manusia memiliki kekuatan yang luar biasa.

Seperti yang dapat kita lihat di cuplikan film “Tangled”, kisah seorang gadis berambut sangat panjang. Bahkan ia menggunakan rambut panjangnya untuk menyerang lelaki tak dikenal itu. (perhatikan detik ke ’23 – ’43)

Kesimpulannya, senjata itu memiliki arti luas dan tidak hanya sebatas pistol dan kawan-kawannya 🙂 Mungkin ada beberapa senjata yang kalian miliki tanpa kalian sadari, karena fungsi dasarnya tidak diperuntukkan untuk menyerang. Hanya saja, ketika dalam keadaan terdesak, mungkin kalian baru akan menyadari sendiri apa sajakah senjata yang kalian miliki 😀

Advertisements


One Response to “Senjata!”

  1. 1 Anonymous

    Pake mac nggak perlu senjata antivirus :p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: